PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

BPPSDMP Kementerian Pertanian Siap Tingkatkan SDM Pertanian




 

Kementerian Pertanian berupaya meningkatkan sumber daya manusia pertanian. Hal tersebut demi mencapai pertanian yang maju, mandiri dan modern pada 2021 ini.

“Pertanian merupakan penopang utama bangsa Indonesia. Pada pandemi covid-19 ini, terbukti pertanian menjadi sektor andalan yang terus hidup”, ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Rapat Kerja Nasional BPPSDMP 2021, Selasa (12/01/2021). Menteri Pertanian menekankan pentingnya peningkatan SDM pertanian. “Jika ingin pertanian memenuhi kesejahteraan rakyatnya, maka pertanian harus maju, mandiri dan modern dengan gunakan riset sains dan teknologi”

Dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertanian juga mengapresiasi upaya BPPSDMP dalam meningkatkan mutu SDM pertanian, salah satunya ialah melalui pendidikan vokasi pertanian serta magang ke luar negeri.

Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP menyatakan targetnya yakni 2,5 juta petani milenial. Program-program yang dilaksanakan demi mencapai tujuan itu ialah pendidikan vokasi, pelatihan vokasi, pemberdayaan P4S, branding petani, Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), hingga program YESS.

Hingga kini, BPPSDMP telah memiliki lembaga pendidikan vokasi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, salah satunya ialah SMK-PP Negeri Kupang.