PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

SMK-PP Negeri Kupang Identifikasi Ternak Sapi dengan Ear Tag




 

Menteri Pertanian menyatakan bahwa Nusa Tenggara Timur adalah salah satu lumbung ternak sapi nasional. Kabupaten Kupang di dalamnya juga termasuk daerah yang banyak menyuplai kebutuhan protein hewani. SMK-PP Negeri Kupang selaku UPT BPPSDMP Kementerian Pertanian di Kabupaten Kupang berusaha berpartisipasi dalam penyediaan kebutuhan protein hewani itu. Salah satunya ialah melalui pengembangan komoditas sapi. Hal tersebut sesuai dengan amanat dari Kepala BPPSDMP, bahwa seluruh pihak wajib menyiapkan stok pangan di Indonesia sehingga tidak ada kelaparan.

Setelah beberapa lalu melaksanakan penimbangan dan penyuntikan vitamin, pada Selasa (12/02/2021), SMK-PP Negeri Kupang kembali melaksanakan kegiatan di Instalasi Ternak Sapi. Kegiatan kali ini ialah pemasangan ear tag sebagai alat identifikasi ternak. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh petugas instalasi dan berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana. Ear tag dipasang pada 15 ekor sapi.

sendiri merupakan kepingan plastik keras yang bertuliskan kode atau nomor. Ear tag dipasang dengan teknik permanen sehingga tidak dapat dilepaskan kecuali dengan merusaknya. Ear tag biasa dipasang di daun telinga ternak karena lunak dan gampang dilihat.

Pemasangan ear tag bertujuan untuk membedakan ternak satu dengan yang lain, sehingga memudahkan pada kegiatan pencatatan ternak, serta memudahkan tata laksana pemeliharaan.

Di SMK-PP Negeri Kupang sendiri, ear tag yang dipasang memiliki kode dengan 3 angka yang terdiri dari tahun kelahiran serta nomor individu sapi.