PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

SMK-PP Negeri Kupang Monitoring BPP Kostratani di Kabupaten Malaka




 

SMK-PP Negeri Kupang terus berupaya mendukung kegiatan Kostratani (Komando Strategis Pertanian). Pada 15 Desember 2020, SMK-PP Negeri Kupang mengadakan kegiatan monitoring BPP Kostratani di Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Monitoring ini dilaksananakan sampai 16 Desember 2020.

Kostratani ialah gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian. Menteri Pertanian menjelaskan bahwa Kostratani ialah program yang bertujuan menghasilkan single-data pertanian yang komprehensif dan terpadu. Single-data itu sangat penting sebagai dasar pembuatan kebijakan pertanian.

Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian) Dedi Nursyamsi menghimbau seluruh unit pelaksana teknis BPPSDMP mendukung kegiatan Kostratani.

Dari kegiatan monitoring, diketahui bahwa BPP di Kabupaten Malaka telah meningkatkan kinerjanya dalam mendukung Kostratani. Namun beberapa BPP masih mengalami kendala. Salah satunya ialah BPP Manleten yang terkendala terkait perangkat komputer, ketiadaan WiFi, dan akses listrik. Hal tersebut menghambat kegiatan pengisian Laporan Utama Kementan dan e-RDKK. Seluruh perkembangan tersebut dicatat oleh tim sehingga dapat dilaporkan ke Kementerian Pertanian untuk ditindaklanjuti.