PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Gubernur NTT Dukung Pendirian Polbangtan Kupang




 

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mendukung pendirian Polbangtan Kupang. Hal itu ia nyatakan dalam audiensi pada Selasa (24/11/2020), bersama Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Kementerian Pertanian, Tim Borang SMK-PP Negeri Kupang, serta Kepala Dinas Pertanian NTT.

“Transformasi kelembagaan SMK-PP Negeri Kupang menjadi Politeknik Pembangunan Peternakan (Polbangtan) Kupang merupakan sebuah langkah maju dalam mendukung perkembangan ternak di NTT”, tegasnya. Ia menambahkan, “Tentu harus jelas grand design-nya. Mesti diarahkan menjadi apa lulusannya. Yang diinginkan adalah mandiri menjadi peternak atau petani, jangan PNS”

Dalam pertemuan itu, Kepala Pusdiktan Idha Widi Arsanti menyatakan transformasi SMK-PP Negeri Kupang menjadi Polbangtan Kupang telah siap dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia. Selama ini transformasi tersebut terkendala pada ijin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada audiensi tersebut Gubernur NTT juga mengarahkan agar berkas perizinan pendirian Polbangtan Kupang disiapkan sehingga dapat dibicarakan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Diketahui SMK-PP Negeri Kupang tengah bertranformasi menjadi Polbangtan. Transformasi ini digencarkan Kementerian Pertanian untuk menjawab tantangan dunia kerja bidang pertanian yang membutuhkan keterampilan, bukan hanya teori. Menteri Pertanian mengatakan ada 4 jurus jitu yang ditekankan dalam pendidikan vokasi, yakni karakter, kompetensi, kritis dan kreatif.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengharapkan pendidikan vokasi di Kementerian Pertanian dapat menghasilkan sarjana terapan kualifikasi job seeker dan job creator melalui program kewirausahaan pertanian bagi pemuda tani, perguruan tinggi mitra dan kepramukaan.