PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

JICA Buka Peluang Kerjasama dengan Kementan Melalui TOT AUTP




Asuransi pertanian di Indonesia merupakan instrumen yang masih relatif baru digulirkan oleh pemerintah untuk melindungi petani dari kegagalan panen yang diakibatkan oleh bencana alam, serangan OPT, dampak perubahan iklim dan atau risiko lainnya yang ditetapkan dalam UU Perlindungan Petani No. 19/2013. 

Melalui “Proyek Peningkatan Kapasitas untuk Strategi Perubahan Iklim di Indonesia” Japan International Cooperation Agency (JICA) bermaksud untuk bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.  

Menurut Akiko Aikawa, Chief Advisor JICA Project, rencana kerjasama TOT ini merupakan kali ke tiga, setelah sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 telah diselenggarakan kegiatan yang sama dan diselenggarakan di dua provinsi, yakni Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.  

“Puslatan mempunyai widyaiswara yang tersebar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelatihan, salah satunya ialah Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan dan Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku. Oleh karena itu kami datang untuk membicarakan lebih lanjut bagaimana kerjasama dan kesediaan widyaiswara di BBPP Ketindan tentang materi dalam TOT AUTP dan metode pembelajarannya,” imbuh Aiko.  

Selain Akiko Aikawa yang didampingi oleh Gometta  Guritno sebagai Project Staf JICA Indonesia, juga turut hadir untuk berkoordinasi yakni Kota Hirayama sebagai Co Leader Sanyu Consultants Inc dan Jaelani selaku Koordinator  Nasional Staf Sanyu Consultant Inc beserta tim. Kesuruhan tim hadir untuk merumuskan pelaksanaan TOT di BBPP Ketindan.  

Sebagai Koordinator  Nasional Staf Sanyu Consultant Inc, Jaelani menuturkan bahwa kedepannya materi AUTP bisa diselipkan dalam materi yang terkait pengelolaan usahatani. Tetapi untuk teknisnya harus dikoordinasikan terlebih dulu dengan Direktorat Jenderal Prasarana Sarana Pertanian (PSP) agar tersampaikan dengan baik sebelum pelaksanaan TOT. SY/YNI

Telah terbit di : https://www.swadayaonline.com/