PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Di Tengah PPKM, Siswa SMK-PP Negeri Kupang Produktif Laksanakan Praktik Kerja Lapang




 

  (UPT) Pusdiktan Kementan melakukan banyak penyesuaian.

  Pusdiktan di NTT, yakni SMK-PP Negeri Kupang. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang semula hendak dilaksanakan di dunia usaha dan industri dibatalkan sebab adanya PPKM. Sejak 2 Agustus 2021 SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan PKL di rumah masing-masing siswa.

Sementara itu, Gebil dari jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura melakukan budidaya pepaya California. Dalam kurun waktu 2 bulan, pohon pepaya yang ditanam Gebil sudah berhasil tumbuh. Hal itu tidak luput dari bimbingan dari guru yang selama ini dilaksanakan secara daring. Selain bimbingan secara daring, guru pembimbing juga melaksanakan kunjungan langsung atau monitoring. Hal itu seperti yang dilakukan Pedro D. S. Martins pada Rabu (22/09/2021), ia selaku guru pembimbing datang langsung ke rumah Gebil yang berada di Desa Bipolo Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang

  kegiatan siswa selama masa PKL , memberikan bimbingan ketika ada masalah pada kegiatan, serta melakukan pembimbingan pada penulisan laporan PKL.

  belajar kepada siswa. “Tidak dipungkiri pembelajaran daring tidak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka. Monitoring ini diharapkan dapat menambah motivasi belajar siswa”

Hal tersebut senada dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bahwa pendidikan vokasi merupakan salah satu kekuatan pertanian di masa depan, khususnya dalam mempersiapkan pertanian untuk lebih maju, mandiri dan modern.