PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

SMK-PP Negeri Kupang Persiapkan Lahan Baru Untuk Penanaman HMT




 

SMK-PP Negeri Kupang terus gencar melakukan penanaman Hijauan Makanan Ternak (HMT). Penambahan lahan hijauan dilakukan, setelah sebelumnya melakukan penanaman Rumput Gajah Odot dan Rumput Raja di 2 titik lahan.

Kali ini, SMK-PP Negeri Kupang memanfaatkan lahan di sekitar instalasi ternak besar dan kecil sebagai lahan HMT. Rencananya lahan di sekitar instalasi tersebut akan ditanami Rumput Gajah Odot.

Rumput Gajah Odot atau P. Purpureum cv. Mott merupakan rumput unggul yang digunakan sebagai pakan ternak. Rumput odot dikenal memiliki nutrisi tinggi, mudah dibudidayakan serta dapat bertahan di lingkungan yang bervariasi.

Rumput Gajah Odot yang itu nantinya akan digunakan sebagai pakan ternak sapi dan kambing di SMK-PP Negeri Kupang.

“Kami berharap produksi ternak bisa berkembang dengan asupan pakan yang baik ini”, terang Kepala SMK-PP Negeri Kupang.

HMT ini juga merupakan bahan belajar bagi siswa. Diharapkan nantinya siswa dapat belajar tentang HMT mulai dari proses budidaya HMT, pengolahan hingga pengawetan HMT.

Kegiatan yang dilakukan SMK-PP Negeri Kupang ini sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tentang pentingnya penyiapan sumber daya manusia pertanian. Pendidikan vokasi pertanian menghasilkan SDM pertanian Indonesia unggulan yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa wirausaha. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi juga menyatakan bahwa SMKPP harus menciptakan generasi milenial yang mampu bekerjasama dengan orang lain.