PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

SMK-PP Negeri Kupang Monitoring BPP Kostratani di Kabupaten TTS, TTU dan Malaka




 

SMK-PP Negeri Kupang terus berupaya mendukung program Kostratani (Komando Strategis Pertanian). Hal itu sesuai arahan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi bahwa seluruh insan pertanian wajib mendukung program Kostratani.

Pada 15-16 Maret 2021, SMK-PP Negeri Kupang melaksanakan monitoring BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kostratani ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Malaka. Monitoring itu bertujuan mengetahui perkembangan BPP sebagai unit pelaksana Kostratani di tingkat kecamatan.

Kostratani ialah gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian. Menteri Pertanian menjelaskan bahwa Kostratani ialah program yang bertujuan menghasilkan single-data pertanian yang komprehensif dan terpadu. Single-data itu sangat penting sebagai dasar pembuatan kebijakan pertanian.

Dalam kegiatan monitoring, dibagikan kuesioner guna mengetahui kondisi BPP Kostratani secara detil. Mayoritas BPP yang ada di wilayah TTS, TTU dan Malaka telah melakukan penyusunan dan updating data pada e-RDKK, CPCL dan Simluhtan. Namun begitu, masih terdapat kendala yang ditemui oleh BPP. Salah satunya dialami oleh BPP Kecamatan Bikomi Tengah. BPP tersebut mengalami kesulitan ketika hendak mengadakan bimbingan teknis, maupun penyuluhan/pelatihan melalui video conference. Hal ini disebabkan fasilitas yang belum memadai.

Seluruh perkembangan dan kendala yang ditemui itu kemudian dicatat oleh tim dan akan dilaporkan ke Kementerian Pertanian untuk ditindaklanjuti. Diharapkan dengan adanya perhatian pemerintah, bisa dilakukan perbaikan sehingga kinerja BPP di seluruh Indonesia menjadi semakin baik.