PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Penuhi Kebutuhan Pakan, SMKPPN Kupang Perbanyak Rumput Odot




Sektor peternakan menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memperkuat ketahanan pangan dan mengakselerasi ekspor pertanian. Hal ini didukung SMKPPN Kupang yang meningkatkan produksi HPT untuk mengatasi kebutuhan pakan.

Kepala SMKPPN Kupang, Stepanus Bulu, mengatakan saat ini pihaknya berusaha mencukupi kebutuhan pakan ternak dengan pengembangan rumput odot dan rumput raja di lahan sekolah sebagai hijauan pakan ternak (HPT).

"Bulan Maret ini kamiĀ  akan melakukan panen HPT periode penanaman Desember lalu. Penanaman dilakukan di 2 titik, 1 lahan untuk rumput odot, sementara lahan satunya untuk rumput raja," jelas Stepanus.

"Sektor peternakan merupakan sektor yang menonjol di Nusa Tenggara Timur khususnya di Kupang. DenganĀ  semakin banyak HPT di SMKPP N Kupang diharapkan mampu mencukupi kebutuhan pangan ternak. Selain itu siswa dapat belajar tentang HPT mulai dari proses budidaya, pengolahan hingga pengawetan HPT. Sekali dayung 2 manfaat kita raih," tambah Stephanus.

"Di tengah pandemi yang tak kunjung usai sangat penting untuk menyiapkan kemandirian di sektor pertanian. SMKPP N Kupang telah membuktikan dengan berupaya memenuhi kebutuhan ternaknya sendiri tanpa tergantung dari orang lain, bahkan bisa swasembada pakan ternak di lingkup sekolah," tutur Dedi.

Ia pun berharap upaya kemandirian dilakukan pula oleh UPT lainnya. "Kita harus mampu mengatasi semua masalah dan hambatan di sektor pertanian, dengan demikian kemandirian pangan akan terwujud," kata Dedi.