PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang

Luncurkan PWMP KUB, Kementan Dukung Usaha Ayam Ras Pedaging di Malaka




 

Kementerian Pertanan terus berusaha meningkatkan kualitas serta jumlah SDM pertanian. Setelah adanya PWMP (Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian) untuk siswa dan mahasiswa, kini diluncurkan PWMP KUB (Kelompok Usah Bersama). PWMP KUB ini menyasar generasi muda usia 17-39 tahun yang tergabung di kelompok tani.

Bekerjasama dengan Komisi DPR RI IV, program ini dilaksanakan pula di Indonesia bagian timur, tepatnya di Kabupaten Malaka Provinsi NTT. Pada Juni 2021 ini, terdapat 2 kelompok yang menerima bantuan program tersebut, yakni Brubit Jaya dan Bolan Jaya. Kedua kelompok tersebut rencananya akan melaksanakan usaha ayam ras pedaging.

“Kebutuhan daging ayam di Malaka tergolong tinggi, sementara belum banyak peternak ayam pedaging di Malaka Tengah. Karena itu usaha ini memiliki prospek yang baik”, terang Ketua Kelompok Brubit Jaya. Rencananya usaha akan dilaksanakan di Desa Naimena, Malaka Tengah.

Sementara itu Kelompok Bolan Jaya memiliki strategi pemasaran tersendiri. Pengusaha ayam pedaging di Malaka umumnya menjual ayam dalam kondisi hidup. Padahal konsumen tentu lebih menyukai ayam dalam bentuk karkas karena lebih praktis. Karena itu Bolan Jaya ingin turut menjual ayam dalam bentuk karkas. Penjualan juga akan dilakukan secara daring, baik lewat Facebook, Instagram, maupun WhatsApp.

Melalui PWMP KUB ini, diharapkan generasi muda yang tergabung di kelompok tani di pedesaan dapat mengembangkan peluang yang ada. Hal itu seperti yang diungkapkan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, “PWMP KUB diharapkan mampu mendorong generasi muda pertanian menjadi job creator di bidang pertanian”

Peran generasi muda sangat penting dalam sektor pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.